NISSAN NAVARA SPORT VERSION
Manuver para rival yang meluncurkan pikap kabin ganda (double cab) generasi terbaru di Indonesia tidak membuat panik Nissan. Pabrikan Jepang ini memilih jalur facelift ringan untuk menyegarkan Nissan Navara.
Dengan tambahan label ‘Sport Version’, Nissan melakukan sejumlah ubahan pada Navara. Di luar kini terpasang bumper dan gril desain baru yang terlihat lebih dinamis dan mewah. Plus spion dengan lampu sein yang dilapis cover krom serta pelek alloy 16 inci motif baru.
Untuk bagian dalam ubahan hanya dilakukan pada setir, yaitu dengan pemsangan tombol kontrol audio. Sehingga pengemudi bisa memilih sumber sinyal yang ingin didengarkan dan mengatur volume tanpa perlu mengorbankan konsentrasi terhadap lalu lintas di depan.
Tampaknya Nissan masih yakin jok empuk berbalut kulit dan head unit dengan layar sentuh yang bisa memutar DVD, CD dan file berformat MP3 via SD card atau USB sudah cukup memuaskan pengendara. Apalagi sudah tersedia koneksi Bluetooth untuk telepon dan memutar lagu yang tersimpan di handphone serta kehadiran sistem navigasi.
Posisi mengemudi yang enak mudah didapat |
|
Instrumen mudah terpantau | Ruang kabin belakang cukup luas |
Nissan tidak melakukan ubahan pada mesin. Masih mempertahankan tradisi dapur pacu turbo diesel common-rail berkode YD25DDTI yang berkapasitas 2.488 cc dan mampu menghasilkan tenaga 174 dk/4.000 rpm dan torsi puncak 402 Nm/2.000 rpm.
Tenaga yang dihasilkan besar, sayang respons pedal gasnya terasa kurang cepat. Namun, dengan bobot 1.850 kg, Navara masih sanggup berakselerasi 0-100 km/jam dalam tempo 11,1 detik. Bila dibandingkan dengan double cab lain ini perolehan ini masih yang terbaik.
Cuma konsekuensinya konsumsi BBM Navara tergolong boros. Kala melaju konstan 100 km/jam di jalan bebas hambatan ia hanya mampu mengolah bbm 11 km/l sedang untuk konsumsi dalam kota (average speed 24,6 km/jam) hasilnya 8,7 km/l.
Bantingan suspensi Navara tergolong empuk. Satu hal yang mengesankan, ia tidak mengorbankan stabilitas berkendara. Kombinasi karakter peredam kejut seperti ini dengan performa mesin yang sangat bertenaga menjadikan Navara sangat menyenangkan dikendarai.
Sayang, kami tidak mendapat kesempatan membawa Navara main lumpur karena keterbatasan waktu pengujian. Walau ground clearance-nya hanya 220 mm, tapi ia sudah dibekali sistem 4WD yang bisa diaktifkan dengan memutas kenop di kabin dan Limited Slip Differential (LSD) untuk menaklukkan medan off-road.
Spion dengan sein dan cover krom | Mesin lama yang tetap bertenaga |
Nissan Navara 2.5 AT Sport Version | |
Harga | Rp 381,530.000 |
Mesin | 2.488 cc 4 silinder |
Tenaga maksimum | 174 dk/4.000 rpm |
Torsi maksimum | 402 Nm/2.000 rpm |
Transmisi Otomatis | 5-speed/4WD |
Panjang/wheelbase | 5.230 mm/3.200 mm |
Lebar/tinggi | 1.850 mm/1.780 mm |
Kapasitas tangki/ban serep | 80 liter/full size |
Ground clearance | 220 mm |
Ukuran ban | 225/50 R17 |
Bobot | 1.850 kg |
PERFORMA | |
0-100 km/jam | 11,29 detik |
0-60 km/jam | 4,53 detik |
60-80 km/jam | 3,00 detik |
80-100 km/jam | 3,74 detik |
100-120 km/jam | 5,83 detik |
100 km/jam | 2.150 rpm |
Pengereman (100-0 km/jam) | 54,51 meter |
*=Kickdown | |
FITUR | |
Airbag/ABS/EBD/BA | 2/ada/ada/ada |
Kontrol traksi/ESP | ada/tidak |
AC climate control/dualzone/double blower | tidak/tidak/tidak |
CD/MP3/DVD player/cup holder | ada/ada/ada/ada |
Monitor/USB/Aux-In | ada/ada/ada |
Tombol audio setir/cruise control | ada/tidak |
MID/voice command | ada/tidak |
Jok elektrik/heater/ECO Mode | tidak/tidak/tidak |
Launch control/suspension control | tidak/tidak |
Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer | ada/ada/ada/ada |
Setir adjustable reach/rake | tidak/ada |
Headlamp projector/manual levelling/HID | tidak/ada/ada |
Spion/pelipat elektrik/foglamp | ada/tidak/ada |
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu | tidak/tidak/tidak/tidak |
Auto door-lock/sunroof/pelek | tidak/tidak/alloy 16 inci |
Performa di jalan aspal menyenangkan
Lampu belakang besar dan gagah | Bak luas dan dalam |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar